Saturday, February 18, 2017

Harga Toyota Alphard Baru Bekas

Tahun produksi 2002 - sekarang
Minivan 5 pintu, model MPV besar yang dilengkapi dengan 8 kursi; ada 3 varian; terutama diperuntukkan pembeli dari Jepang dan Asia Selatan.
Toyota Alphard dilengkapi dengan 2GR-FE 3,5L, mesin silinder V-6, menghasilkan tenaga 276 HP/ torsi 250lbft; memiliki transmisi kekuatan otomatis kecepatan 7 superCVT; platform FWD dan AWD.
Fokusnya ada pada desain luar yang kuat, unik, dan canggih, juga desain dalam yang mewah; fitur keamanannya mencakup kontrol titik buta, monitor guide belakang dan radar cruise control.

Harga Toyota Alphard

Saya selalu mengendarai minivan, dan ini akan menjadi minivan saya yang ke-5. Saya selalu mengendarai 1 mobil dalam waktu 2-3 tahun. Stepwgn (generasi pertama) -> Stepwgn (generasi kedua) -> Stepwgn (generasi ketiga) -> Voxy terbaru -> mobil ini.

Karena minivan Honda dan Nissan tidak begitu menarik, saya tidak punya pilihan lain selain memilih Toyota lagi.

Saya tidak butuh sistem navigasi dan aero parts, jadi model 2400X low end sudah cukup untuk saya. Semua model kecuali X dilengkapi dengan roda sport seri 50 atau 60, yang bisa merusak operabilitas dan ke-sporti-an mobil ini. Cobalah kendarai dan bandingkan sendiri.
Tergantung dengan selera masing-masing pengendara, tapi saya merasa roda 65 adalah yang paling tepat untuk saya.

Saya tidak merasa berat 2 ton terlalu berat untuk saya, tapi bahkan dengan mesin 2400cc, mobil bisa berjalan dengan baik dan ringan. Masalahnya adalah pada saat menuruni lembah. Mobil akan tergelincir turun seperti yang bisa anda ekspektasikan dari barang berbobot 2 ton, dan rem mesin hampir tidak bekerja (bahkan saat anda sudah menurunkan gigi ke gigi 2 atau 3, mesin akan membuat suara tapi hampir tidak melambat sama sekali). Anda benar-benar harus bergantung pada rem. 2 ton mungkin terlalu berat untuk sebuah mobil.

Tapi kemudi mudah dibelokan dan dikontrol, hampir tidak pernah terselip, bagus untuk ukuran kendaraan Toyota. Suspensinya agak terlalu lunak sehingga membuat saya agak terganggu, tapi sekarang saya sudah terbiasa. Dibutuhkan kesabaran sebelum anda bisa terbiasa mengendarainya sejauh anda masih merasa nyaman saat mengendarainya, dan begitulah prioritas mereka saat membuat kendaraan ini. Jadi secara alami, anda tidak akan memperkirakan kendara yang sporti sama sekali.

Interiornya mendapat kritik yang sangat buruk, tapi menurut saya interiornya jauh lebih baik daripada model sebelumnya (VOXY).

Hampir semua mobil Toyota memprioritaskan penekanan biaya produksi, sehingga bahan yang digunakan lebih murah dan anda harus mentoleransi beberapa hal. Tapi saya dapat melihat bagaimana mobil Honda dibuat dengan sangat baik, saya jadi sadar bahwa Toyota menunjukkan kesungguhan yang kurang dengan menampilkan mobil yang dibuat dengan sangat murah pada konsumennya. Ketidak-praktisan sekarang sudah menjadi kesan dari mobil-mobil Toyota. Mereka tidak mempertimbangkan sisi ergonomi sama sekali. Bukan hanya penampilan luarnya saja, tapi juga hal-hal sesederhana sistem AC.. tidak bisa membandingkan antara Toyota dan Honda (Honda lebih bagus). Cobalah sendiri.

Selain itu, mobil tidak dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang cukup seperti yang bisa anda perkirakan dari sebuah mobil besar. Kotak untuk barang-barang kecil di bagian lutut kanan pengendara sangat kecil, dompet saya tidak bisa masuk. Selain itu, tempat minuman juga diameternya terlalu besar sehingga botol minuman biasa akan bergoyang-goyang di atasnya. Mungkin karena ini didesain untuk tempat soft-drink kertas 1L. Saya penasaran apakah banyak orang meminum minuman seperti itu selama berkendara.

Saya biasanya mengendarainya dengan manual mode. Efisiensi bahan bakar sekitar 9-11km/L di jalanan kota (tergantung seberapa ramai jalanannya), 12-13km/L di jalan TOL. Hanya sekitar 10% lebih rendah daripada VOXY.

Untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, saya mengganti ke gigi 7 sebelum kecepatan mencapai 60km/h kemudian membiarkannya begitu saja. Saat menunggu lampu merah berganti jadi hijau saya harus mematikan mesin meskipun hal ini merepotkan. Akan lebih praktis kalau ada fitur semacam i-stop Mazda (perangkat yang bisa mematikan mesin secara otomatis).

Meskipun ada banyak kekurangan pada mobil ini, saya bisa mengendarainya dengan tenang dan nyaman. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya merasa kecewa karena sepertinya mobil ini dibuat dengan sembrono.

Tapi, kenyataan bahwa Honda dan Nissan membuat mobil dengan kualitas yang bagus dengan sepenuh hati tapi tidak selaku Toyota, yang membuatnya lebih asal-asalan, membuktikan bahwa hal yang membuat mobil terkenal adalah bukan kesungguhan hati saat membuatnya. Memang benar, saya tidak merasa tertarik dengan ELGRAND dan ELYSION. Ini adalah mobil yang menakutkan dan mempunyai daya jual yang baik, tanpa bergantung pada merk Toyota.


Tapi saya bisa melihat orang-orang akan bosan dengan model ini dalam 2 tahun ke depan. Bukannya saya kecewa dengan mobil ini, tapi sama saja seperti saat anda berpacaran dengan seorang wanita cantik, tapi setelah 1 tahun.. anda tau apa yang saya maksud.

[Eksterior] Saya tidak suka penampilannya yang kasar saat pertama kali melihatnya di pasaran. Saya bahkan berpikir untuk menunggu mobil berikutnya. Tapi sekarang saya terbiasa dan bahkan merasa mobil ini terlihat mewah.

[Interior] Hitam, jadi terlihat bagus dengan bodi yang putih. Interior SC terlihat seperti memberikan kesan kelas atas. Saat saya mencoba test drive SA, kursinya tenggelam, tapi SC terasa berbeda. Saya kira bahannya berbeda, bukan hanya di luar tapi juga di dalam. Kotak konsol terlihat mewah juga, tapi akan lebih praktis untuk wanita kalau saja ada meja kecil untuk menaruh tas.

[Performa Mesin] Mobil saya sebelumnya adalah 2,4, jadi tidak ada masalah.

[Performa Kendara] Saya baru mengendarainya sejauh 50km. Tidak ada masalah sejauh ini.

[Kualitas Kendara] Luar biasa. Tadinya saya khawatir karena rodanya 18 inci, tapi ternyata saya tidak perlu khawatir. Tenang dan tidak terasa getaran sama sekali. Keluarga saya puas dan mengatakan mobil ini terasa seperti pesawat terbang.

[Efisiensi Bahan Bakar] Saya belum tahu, tapi saya rasa lebih baik dari 10 tahun lalu.

[Harga] Sekitar 1 juta yen lebih dari 10 tahun lalu. Saya rasa ini maklum karena fungsinya sudah dikembangkan dan sudah terasa lebih nyaman.

[Secara Umum] Saya senang telah membelinya. Saya masih bisa mengendarai mobil saya sebelumnya, tapi sudah banyak berubah di 10 tahun terakhir, tidak hanya penampilannya tapi juga fungsi dan kenyamanannya. Saya merasa ingin mengendarainya untuk jarak jauh. Untuk saat ini saya akan menikmati mobil ini.

No comments:

Post a Comment